Adu Speks Acer Liquid Z4, Asus Zenfone 4, dan LG L40

Pasar smartphone kelas menengah ke bawah semakin ramai saja dengan kehadiran beragam seri ponsel dari produsen kelas kakap. Bulan April ini menjadi pembuktian bahwa produsen besar tak ingin kehilangan pasar diserbu merk merk lokal yang selama ini merajai pasar kelas bawah. Terbukti dari 3 produsen posel kawakan yang merilis ponsel android murahnya. Tak tanggung tanggung meski dilepas dengan harga yang murah, namun spesifikasi masing masing terbilang sangat ciamik dan memikat hati.
Pada postingan ini Begawei akan mencoba mengadu spesifikasi tiga ponsel dengan seri 4 yaitu Asus Zenfone 4, Acer Liquid Z4, dan LG L40 Ketiga ponsel tersebut sama sama baru diluncurkan bulan ini di pasar Indonesia. Sambutan masyarakat juga cukup antusias dengan kehadiran ponsel murah berkualitas paten tersebut. Lantas seperti apa perbandingan spesifikasi dan performa ketiganya? simak ulasan Begawei berikut ini :
Layar
Sektor pertama yang akan kita bandingkan adalah di bagian layar. Asus Zenfone 4 percaya diri dengan layar 4 inchinya karena memiliki resolusi WVGA plus kerapatan layar sebesar233 ppi. Selain itu Asus juga menyematkan teknologi Anti Finger Coating dan melapisinya dengan Gorilla Glass 3.
Sedangkan Acer Liquid Z4 memiliki desain yang lebih ergonomis dan body lebih tipis. Namun unuk ukuran layar sama dengan Zenfone 4 mengusung 4 inchi WVGA.
LG menjadi yang paling tertinggal di bagian layar karena resolusinya hanya VGA 480×320 sebesar 3,5 piksel meski demikian sudah mengusung layar LCD IPS.
Hardware
Setelah unggul di bagian layar, Asus Zenfone kembali mengangkangi dua kompetitornya. Pasalnya Asus membekali Zenfone dengan prosesor dual core besutan intel seri Atom Z2520 dengan kecepatan olah sistem 1,2 GHz. Tak hanya sampai disitu, ponsel android murah ini juga disokong oleh RAM sebesar 1 GB serta memori internal yang sangat lega yaitu 8 GB.
Sementara itu Acer Liquid Z4 dan LG L40 sama sama menyematkan prosesor dual core dengan kecepatan 1,3 GHz dan 1,2 GHz. RAM nya sama besar yaitu 512 MB.
Kamera
Lagi lagi Asus Zenfone 4 selangkah di depan dengan mengandalkan kamera 5 MP sebagai kamera utama serta kamera VGA di bagian depan. Kamera Zenfone 4 memiliki beragam fitur tambahan untuk meningkatkan kualitas hasil jepretan sebut saja fitur HDR, Auto Mode, Night mode, Turbo Burst Mode dll.
Sementara Acer Liquid Z4 hanya menyematkan kamera 5 MP tanpa kamera depan. Namun memiliki nilai tambah dengan adanya tombol rapidkey yang memudahkan saat mengambil gambar.
LG L40 hanya pasrah di tempat ketiga dengan senjata kamera 3 MP tanpa adanya kamera depan.
Kesimpulan.
Dengan harga yang sangat murah Rp. 1.099.000 Asus Zenfone 4 unggul telak dibanding dua kompetitornya terutama di bagian spesifikasi yang sangat tinggi dibanding Liquid Z4 dan LG L40. Bahkan banyak pengamat menilai kehadiran Zenfone 4 ini merusak pasar android murah. Namun LG L40 pastas berbangga karena fitur yang diusungnya lebih baik dan tidak terdapat di ponsel lain seperti OS ANdroid 4.4 KitKat dan fitur Konck Code.

Top