Samsung Siap Ubah Telapak Tangan Jadi Virtual Keyboard

Saat ini teknologi wearable semakin populer dan meningkat pesat. Kepraktisan dan kecepatan memang menjadi salah satu faktor utama mengapa perangkat wearable terus dikembangkan. Apalagi kesuksesan Google Glass dan smart watch ternyata juga mendorong produsen gadget lain untuk mengembangkan inovasi baru di dunia teknologi waerable. Salah satu produsen yang aktif “mengejar” Google adalah Samsung. Baru baru ini Samsung mengajukan sebuah paten wearable yang cukup memukau. Produsen asal negeri gingseng ini mengajukan hak paten virtual keyboard pada telapak tangan.
Samsung akan mengubah telapak tangan menjadi sebuah virtual keyboard untuk mendukung input data perangkat lain sepeti Google Glass. Dengan virtual keyboard di tangan, maka pengguna wearable teknologi akan dengan mudah dan cepat mengetik atau memasukkan data, cukup dengan menggerakan jari jari saja. dengan paten yang diajukan tersebut Samsung mengubah telapak tangan menjadi Augmented reality dari sebuah keyboard. Nantinya ruas jari akan berfungsi sebagai penyekat lokasi huruf huruf layaknya keyboard fisik. Teknologi ini nantinya menggunakan kamera untuk mengidentifikasi pergerakan jempol yang berinteraksi dengan bagian bagian jari lain. Mekanisme ini hampir mirip ketika Anda mengetik di keypad sebuah ponsel.

Hanya saja teknologi semacam ini membutuhkan daya baterai yang sangat besar mengingat harus ada kamera berkualitas tinggi dan display yang harus terus bekerja ketika pengguna mengetikkan kata. Sebuah sensor dengan rensponsbilitas tinggi juga harus tersedia, semacam kinect yang membuat akurasi data yang dikeluarkan semakin baik. Meski masih dalam konsep paten, namun teknologi ini diyakini dapat terwujud dalam 3-5 tahun ke depan. 

Top