Inilah 7 Fakta Unik Android Yang Harus Anda Ketahui

Fakta Unik Android – Android menjadi sebuah sistem operasi yang sangat fenomenal. Sistem operasi berlogo robot hijau ini menorehkan beberapa pencapaian yang sebelumnya tidak pernah dibayangkan. Saat ini Android memang sudah menjadi OS sejuta umat dengan populasi mencapai lebih dari 1 miliyar pengguna. Android juga membawa berbagai teknologi baru yang sangat futuristik di banyak perangkat tak hanya komputer atau smartphone. Tak ayal, sistem operasi ini kini mencapai masa jayannya.

Menyoroti sepak terjang Android sejak tahun 2008 ,ternyata terdapat beberapa fakta unik Android yang mungkin belum Anda ketahui. Nah berikut ini kami rangkumkan fakta tersebut untuk Anda :
1. OS Tersukses Sepanjang Sejarah
Android menjadi sistem operasi tersukses sepanjang sejarah. Hal itu dilihat dari jumlah pengguna yang mencapai milyaran, dan juga dilihat dari tingkat adopsi perangkat. Saat ini banyak sekali industri yang mengadopsi Android dengan beragam OEM dan manufakturnya. 
2. Menggunakan Nama Kode Makanan Penutup
Yang sangat unik tentu saja penamaan setiap versi OS Android, yang selalu menggunakan nama makanan penutup. Berikut ini daftar nama Android dari versi pertama hingga yang terakhir

  • Cupcake 1.5
  • Donut 1.6
  • Eclair 2.1
  • Froyo 2.2Gingerbread 2.3
  • Honeycom 3.2
  • Ice Cream Sandwich 4.0
  • Jelly Bean 4.1
  • KitKat 4.4

3. Penamaan Sesuai Abjad
Selain menggunakan nama unik dari nama makanan penutup, keunikan juga muncul dari nama yang diurutkan sesuai abjad. 
4. Terbuka dan gratis
Sistem operasi Android bersifat Open Source dan gratis. Artinya siapa saja dapat memodifikasinya sesuka hati dan mengadopsinya di perangkat apapun tanpa harus membayar lisensi. Salah satu yang memodifikasinya adalah Nokia dengan menciptakan ponsel Nokia X series yang berbasis Android AOSP. Nokia memodifikasinya hingga menyerupai antarmuka Windows Phone.
5. Aplikasi melimpah
Sifat OS Android yang gratis dan terbuka mendorong banyak pengembang aplikasi untuk leluasa mengembangkan aplikasi. Hasilnya, Google Play Store sebagai toko aplikasi resmi di Android memiliki aplikasi paling banyak dibandingkan toko lain. Tercatat lebih dari satu juta aplikasi yang saat ini terpajang di etalase Play Store.
6. Pertumbuhan tercepat
Android resmi dirilis pada tanggal 23 September 2008, dalam perjalanannya selama kurun waktu 5,5 tahun populasi Android sudah mencapai 1 milyar lebih. Dengan pencapaian tersebut, Android mencatat pertumbuhan OS tercepat di dunia sepanjang sejarah
7. Berdiri sendiri
Awalnya Android berdiri secara sendiri melalui Android, Inc. yang dirintis oleh Andy Rubin,Nick Sears dan Rich Miner pada tahun 2003. Namun pada tahun 2005 perusahaan ini mulai diakuisisi oleh Google dan perlahan tapi pasti Android mulai menguasai dunia.
Itulah 7 fakta unik android yang sangat fenomenal, kehadiran sistem operasi ini tentu membawa perubahan baru di dunia teknologi informasi.

Top