Hasil Riset: Android Rajai Pasar Tablet, Singkirkan Apple

Tahun 2013 lalu ternyata menjadi catatan sejarah bagi Android. Pasalnya di tahun tersebut, sistem operasi besutan Google tersebut ternyata mampu menggeser dominasi Apple di pasar tablet. Dari hasil riset yang dilaporkan oleh Gartner akhir februari lalu, ternyata penjualan tablet Android di seluruh dunia ditahun 2013 mampu melampaui penjualan iPad.
Dari data yang dirilis Gartner seperti dilansir dari Ubergizmo, Android menorehkan angka penjualan yang cukup fantastis di tahun 2013. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, peningkatannya cukup signifikan. Tercatat di tahun 2013 Tablet Android terjual sebanyak 120 juta unit di seluruh dunia. Dengan penjualan tersebut Android menguasai pasar tablet sebesar 61,9% meningkat dari tahun 2012 yang hanya meraup 45,8% atau dengan torehan penjualan 52,8%. 
Sementara itu, Apple yang sempat memimpin pasar tablet dalam beberapa tahun terakhir harus rela tergeser ke posisi dua. Tahun 2012 Apple melalui iPadnya mampu meraup pangsa pasar sebesar 52,8% kemudian merosot dengan hanya memperoleh pangsa pasar 36% di tahun 2013 atau dengan penjualan sebanyak 70 juta unit. 
Hasil penjualan tablet di seluruh dunia menurut Gartner
Meski pertumbuhan populasi tablet android sangat signifikan dan menggerus pasar iPad, namun Apple tetap bangga diri. Sebab, Apple melalui sistem operasi iOS nya berjuang sendirian, sedangkan tablet Android terdiri dari banyak produsen. Secara hitung hitungan, Apple masih menang di penghasilan yang berhasil dicetak. Di tahun ini Tablet Android diprediksi akan terus tumbuh meskipun banyak pesaing baru yang bermunculan seperti Tizen, dan Firefox.

Top